Indikator Niat Beli Calon Konsumen

 

Indikator niat beli calon konsumen dapat dijelaskan sebagai tanda atau faktor yang menunjukkan kecenderungan seseorang untuk membeli suatu produk atau layanan. Beberapa ahli pemasaran yang telah mengidentifikasi indikator niat beli calon konsumen antara lain:

Kotler, lima faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen yaitu kebutuhan, keinginan, persepsi, motivasi, dan pengalaman.

Engel, Blackwell dan Kollat, mengidentifikasi lima tahapan dalam proses pembelian konsumen, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pasca pembelian.

Howard dan Sheth, mengemukakan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen yaitu faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor sosial.

Aaker, mengidentifikasi empat faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen, yaitu karakteristik produk, karakteristik perusahaan, karakteristik pasar, dan karakteristik konsumen.

Kotler dan Armstrong, empat faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen yaitu budaya, kelompok sosial, situasi, dan faktor pribadi.

Perlu diingat bahwa indikator niat beli konsumen dapat bervariasi tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan, pasar yang dituju, dan karakteristik konsumen yang dihadapi. Oleh karena itu, para pemasar harus memahami indikator niat beli konsumen secara mendalam untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

www.domainesia.com
DomaiNesia