Indikator kompetensi guru dapat dijabarkan secara berbeda-beda oleh
para ahli. Berikut adalah beberapa indikator kompetensi guru menurut ahli:
Mardapi (2010), indikator
kompetensi guru meliputi:
Kemampuan menguasai materi pelajaran yang diajarkan
Kemampuan mengelola kelas dan kegiatan pembelajaran
Kemampuan mengembangkan kurikulum dan bahan ajar yang relevan
Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik
kepada siswa
Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, rekan kerja, dan
orang tua siswa
Soetjipto (2012), indikator
kompetensi guru meliputi:
Kemampuan menguasai materi pelajaran yang diajarkan
Kemampuan mengelola kelas dan suasana belajar yang kondusif
Kemampuan mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif
Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik
kepada siswa
Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, rekan kerja, dan
orang tua siswa
Sudrajat (2015), indikator
kompetensi guru meliputi:
Kemampuan menguasai materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan
proses sains dan keterampilan sosial siswa
Kemampuan mengelola pembelajaran dan mengembangkan suasana belajar
yang kondusif
Kemampuan mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan menerapkan prinsip-prinsip
penilaian autentik
Kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siswa, rekan kerja,
dan orang tua siswa
Depdiknas (2006), indikator
kompetensi guru meliputi:
Kemampuan menguasai materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan
proses siswa
Kemampuan mengelola pembelajaran dan mengembangkan suasana belajar
yang kondusif
Kemampuan mengembangkan dan menerapkan model-model pembelajaran yang
bervariasi
Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik
kepada siswa
Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, rekan kerja, dan
orang tua siswa
UNESCO (2005), indikator
kompetensi guru meliputi:
Kemampuan menguasai materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan
proses siswa
Kemampuan mengelola pembelajaran dan mengembangkan suasana belajar
yang kondusif
Kemampuan mengembangkan dan menerapkan model-model pembelajaran yang
bervariasi dan berorientasi pada pembelajaran seumur hidup
Kemampuan memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada siswa
Kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siswa, rekan kerja,
dan orang tua siswa
Kemampuan mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi