Indikator Kompetensi Guru

Indikator kompetensi guru dapat dijabarkan secara berbeda-beda oleh para ahli. Berikut adalah beberapa indikator kompetensi guru menurut ahli:

 

Mardapi (2010), indikator kompetensi guru meliputi:

Kemampuan menguasai materi pelajaran yang diajarkan

Kemampuan mengelola kelas dan kegiatan pembelajaran

Kemampuan mengembangkan kurikulum dan bahan ajar yang relevan

Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa

Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, rekan kerja, dan orang tua siswa

 

Soetjipto (2012), indikator kompetensi guru meliputi:

Kemampuan menguasai materi pelajaran yang diajarkan

Kemampuan mengelola kelas dan suasana belajar yang kondusif

Kemampuan mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif

Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa

Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, rekan kerja, dan orang tua siswa

 

Sudrajat (2015), indikator kompetensi guru meliputi:

Kemampuan menguasai materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan proses sains dan keterampilan sosial siswa

Kemampuan mengelola pembelajaran dan mengembangkan suasana belajar yang kondusif

Kemampuan mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran

Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan menerapkan prinsip-prinsip penilaian autentik

Kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siswa, rekan kerja, dan orang tua siswa

 

Depdiknas (2006), indikator kompetensi guru meliputi:

Kemampuan menguasai materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan proses siswa

Kemampuan mengelola pembelajaran dan mengembangkan suasana belajar yang kondusif

Kemampuan mengembangkan dan menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi

Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada siswa

Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, rekan kerja, dan orang tua siswa

 

UNESCO (2005), indikator kompetensi guru meliputi:

Kemampuan menguasai materi pelajaran dan mengembangkan keterampilan proses siswa

Kemampuan mengelola pembelajaran dan mengembangkan suasana belajar yang kondusif

Kemampuan mengembangkan dan menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi dan berorientasi pada pembelajaran seumur hidup

Kemampuan memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada siswa

Kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan siswa, rekan kerja, dan orang tua siswa

Kemampuan mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi

www.domainesia.com
DomaiNesia