Indikator keputusan pembelian
konsumen dapat didefinisikan sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen dalam membeli suatu produk atau layanan. Berikut ini beberapa
indikator keputusan pembelian konsumen menurut beberapa ahli:
Kotler dan Keller (2016) mengemukakan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dapat dibagi menjadi lima kategori,
yaitu faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis, dan situasional.
Engel, Blackwell dan Miniard (1995) menyatakan bahwa keputusan
pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebutuhan, persepsi,
motivasi, pengalaman sebelumnya, serta informasi dan promosi.
Schiffman dan Kanuk (2010) menambahkan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen juga dapat dikelompokkan menjadi
faktor internal (seperti motivasi, persepsi, dan sikap) dan faktor eksternal
(seperti keluarga, teman, dan budaya).
Loudon dan Bitta (1993) mengemukakan bahwa keputusan pembelian
konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti karakteristik produk atau
layanan, harga, promosi, distribusi, serta faktor-faktor personal seperti umur,
pendidikan, dan penghasilan.
Indikator keputusan pembelian
konsumen ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk merancang strategi pemasaran
yang efektif dalam menarik minat dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.