Indikator Keputusan Pembelian Konsumen

 

Indikator keputusan pembelian konsumen dapat didefinisikan sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk atau layanan. Berikut ini beberapa indikator keputusan pembelian konsumen menurut beberapa ahli:

Kotler dan Keller (2016) mengemukakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dapat dibagi menjadi lima kategori, yaitu faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis, dan situasional.

Engel, Blackwell dan Miniard (1995) menyatakan bahwa keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebutuhan, persepsi, motivasi, pengalaman sebelumnya, serta informasi dan promosi.

Schiffman dan Kanuk (2010) menambahkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen juga dapat dikelompokkan menjadi faktor internal (seperti motivasi, persepsi, dan sikap) dan faktor eksternal (seperti keluarga, teman, dan budaya).

Loudon dan Bitta (1993) mengemukakan bahwa keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti karakteristik produk atau layanan, harga, promosi, distribusi, serta faktor-faktor personal seperti umur, pendidikan, dan penghasilan.

Indikator keputusan pembelian konsumen ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif dalam menarik minat dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

www.domainesia.com
DomaiNesia